VISI & MISI

VISI, MISI, DAN TUJUAN 

 

SMA Ihsaniyah Tegal memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam visi sekolah berikut :

Menjadi sekolah unggul dalam mutu dan prestasi, cerdas dalam sains dan teknologi serta anggun dalam sikap dan perilaku yang Islami.

 

Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma ajaran agama Islam dan harapan masyarakat. 

 

Misi SMA Ihsaniyah Tegal ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi SMA Ihsaniyah Tegal  dan elemen Profil Pelajar Pancasila. Elemen visi SMA Ihsaniyah Tegal  tersebut yaitu unggul dalam prestasi, cerdas dalam sains dan teknologi dan anggun dalam sikap dan perilaku islami. Delapan misi SMA Ihsaniyah Tegal adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan proses pembelajaran yang mengarah kepada pembentukan pribadi muslim yang mandiri. 
  1. Visi “anggun dalam sikap dan perilaku islami”.
  2. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia”.

 

  1. Membangun kebiasaan tertib beribadah, kajian keagamaan rutin dan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Santun dan Sopan) pada peserta didik.

Representasi dari:

  1. Visi “anggun dalam sikap dan perilaku islami”.
  2. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia” dan “mandiri”.

 

  1. Mengembangkan  rasa  kepedulian,  nasionalisme,  patriotisme,  dan  bangga  atas budaya lokal melalui aktivitas sosial, lingkungan, kebangsaan dan eksplorasi.

Representasi dari:

  1. Visi “anggun dalam sikap dan perilaku islami”.
  2. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia” dan “Bergotong royong”.

 

  1. Membekali  pelajar  dengan  pengalaman  lintas  budaya  baik  nasional  maupun internasional.

Representasi dari:

  1. Visi “unggul dalam prestasi, cerdas dalam sains dan teknologi”.
  2. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Berkebinekaan global”.

 

  1. Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi minat dan bakat pelajar.

Representasi dari:

  1. Visi “unggul dalam prestasi, cerdas dalam sains dan teknologi”.
  2. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”.

 

  1. Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dan membangun 6 kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial) dengan berlandaskan prinsip kejujuran dan kemandirian dengan memperhatikan bakat dan minat pelajar.

Representasi dari:

  1. Visi “unggul dalam prestasi, cerdas dalam sains dan teknologi
  2. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”, “Kreatif” dan “Bernalar kritis”

 

  1. Memfasilitasi terlampauinya capaian kompetensi minimal tingkat SMA oleh peserta pelajar melalui matrikulasi, pemantauan perkembangan belajar, identifikasi permasalahan  belajar,  perbaikan,  pendampingan,  pengembangan  dan  kerjasama dengan orang tua.

Representasi dari:

  1. Visi “unggul dalam prestasi, cerdas dalam sains dan teknologi
  2. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”

 

  1. Membimbing  pelajar  menghasilkan  suatu  karya  ilmiah  yang  orisinil,  dapat dipertanggungjawabkan  dan tepat guna.

Representasi dari:

  1. Visi “unggul dalam prestasi, cerdas dalam sains dan teknologi
  2. Elemen Profil Pelajar Pancasila “Kreatif” dan “Bernalar kritis”

 

Tujuan sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. 

Secara lebih rinci tujuan SMA Ihsaniyah Tegal ditetapkan dalam bentuk 3 bagian, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.

  1. Tujuan jangka panjang
  1. Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mandiri, peduli, cinta tanah air, bangga terhadap budaya bangsa dan tenggang rasa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik / vokasi / kedinasan sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
  3. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, berkreatifitas, menghasilkan  karya,  memanfaatkan  teknologi  digital,  dan mengembangkan minat serta bakatnya untuk menghasilkan prestasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).

 

  1. Tujuan jangka menengah
  1. Membentuk  karakter  pembelajar  sepanjang  hayat  berlandaskan  Profil Pelajar Pancasila.
  2. Menyusun beban belajar bagi pelajar yang berkualitas serta dengan proses belajar mengajar yang menyenangkan serta kontekstual.
  3. Membekali pelajar dengan keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis.
  4. Membekali pelajar dengan penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
  5. Memfasilitasi pelajar untuk dapat melampaui kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMA, baik akademik dan non akademik.
  6. Memfasilitasi pelajar untuk mampu menyusun karya tulis yang orisinil.
  7. Memfasilitasi pelajar untuk mendapat keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minatnya.

 

  1. Tujuan jangka pendek
  1. Pembentukan karakter berdasar Profil Pelajar Pancasila
  1. Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada seluruh mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.
  2. Melaksanakan seluruh penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
  3. Mendorong seluruh pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.

 

  1. Proses belajar berkualitas
  1. Mendorong agar tingkat keterlibatan pelajar dalam proses belajar mengajar mencapai minimal 95%.
  2. Mengelola proses belajar mengajar agar tingkat kepuasan pelajar mencapai minimal 90%.

 

  1. Keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis
  1. Mengintegrasikan project based learning pada seluruh mata pelajaran.
  2. Memfasilitasi seluruh pelajar menghasilkan minimal 1 produk kreatif per tahun dari project based learning.
  3. Melaksanakan seluruh proses penilaian yang mengandung minimal 25% soal bertipe HOTS.
  4. Membekali agar seluruh pelajar mampu menjawab minimal 70% soal bertipe HOTS dengan dengan benar.

 

  1. Penguasaan 6 literasi dasar
  1. Membekali agar seluruh pelajar mampu menjawab minimal seluruh soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 1 dengan benar.
  2. Membekali agar seluruh pelajar mampu menjawab minimal 80% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 2 dengan benar.
  3. Membekali agar seluruh pelajar mampu menjawab minimal 60% soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dengan tingkat level kognitif 3 dengan benar.

 

  1. Kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal tingkat SMA
  1. Memfasilitasi seluruh pelajar untuk mampu mencapai rata-rata nilai akhir tahun ajaran  minimal 75 pada aspek pengetahuan dan keterampilan.
  2. Menangani seluruh pelajar yang mengalami permasalahan pembelajaran agar dapat terselesaikan.

 

  1. Karya tulis yang orisinil
  1. Membekali seluruh pelajar dengan pengetahuan tata cara penulisan karya ilmiah melalui proyek Profil Pelajar Pancasila.
  2. Memfasilitasi seluruh pelajar menghasilkan minimal 1 karya tulis ilmiah sesuai dengan minatnya dengan maksimal 20% pada plagiarism score (menggunakan turnitin checker).

 

  1. Keahlian kecakapan hidup dan berprestasi sesuai bakat dan minat
  1. Mendorong seluruh pelajar memilih kelas peminatan berdasar bakat dan minatnya.
  2. Mengikutsertakan seluruh pelajar pada minimal 1 ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya.
  3. Mengikutsertakan seluruh pelajar pada minimal 1 program life skill sesuai bakat dan minatnya.
  4. Mengikutsertakan pelajar pada minimal 1 lomba/kompetisi akademik dan non akademik per tahun atau minimal 1 kali program magang sesuai bakat dan minatnya